Mengapa WhatsApp Business API Sangat Penting bagi Rumah Sakit? Simak 5 Alasannya!
Sebagai fasilitas pelayanan kesehatan, sangat penting bagi rumah sakit untuk menjalin hubungan yang baik dengan konsumen atau pasiennya. Selain itu, rumah sakit juga harus memastikan kualitas pelayanan yang diberikan agar dapat menambah kepuasan pasien dan tentunya meningkatkan pendapatan rumah sakit juga.
Dalam upaya menyediakan pelayanan terbaik bagi pasien, dibutuhkan suatu kanal/platform yang pas agar rumah sakit dapat berkomunikasi dan melayani para pasien yang jumlahnya tidak sedikit. Nah, salah satu solusinya adalah dengan menggunakan fitur WhatsApp Business API.
Apa Itu WhatsApp Business API?
WhatsApp Business API merupakan sebuah fitur resmi dari WhatsApp yang ditujukan untuk membantu bisnis melakukan kegiatan komunikasi dengan pelanggan dengan lebih mudah dan terintegrasi.
WhatsApp Business API atau WhatsApp Business Application Programming Interface tersusun atas rangkaian kode yang menghubungkan WhatsApp dengan perangkat lunak milik rumah sakit. Perangkat lunak ini memungkinkan rumah sakit mengolah pesannya agar tersampaikan dengan mudah ke konsumen atau pasien.
Manfaat WhatsApp Business API untuk Rumah Sakit
Sebelumnya, telah dijelaskan bahwa WhatsApp Business API dapat membantu rumah sakit berkomunikasi dengan pasien. Namun, apakah ada manfaat lainnya dari WhatsApp Business API untuk rumah sakit?
Berikut ini kami rangkum 5 manfaat WhatsApp Business API untuk rumah sakit.
1. Bisa menjadi asisten virtual
Sebagai penyedia layanan kesehatan yang harus selalu siap sedia selama 24 jam penuh, WhatsApp Business API dapat membantu bagian administrasi atau customer service rumah sakit dalam memberikan pelayanan yang cepat.
Berbagai pertanyaan yang ditanyakan dapat dibalas dengan cepat menggunakan chatbot yang ada dalam sistem ini. Tatanan bahasa yang dan pola jawaban bisa diatur sedemikian rupa sehingga menjawab kebutuhan pelanggan.
2. Dapat terhubung dengan sistem CRM (customer relationship management) rumah sakit
Rumah sakit dapat mengelola data-data milik pasien dengan mudah karena WhatsApp API dapat langsung terhubung ke sistem CRM rumah sakit.
Data-data tersebut dapat digunakan untuk mengetahui informasi tentang bagaimana kebutuhan dan perilaku pasien. Hal ini selanjutnya dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pelayanan menjadi semakin efisien dan optimal.
3. Integrasi satu nomor
Umumnya, semakin banyak pelayanan yang diberikan rumah sakit, semakin banyak pula nomor hotline yang perlu dihubungi oleh pasien.
Namun, dengan WhatsApp Business API, rumah sakit hanya membutuhkan satu nomor saja sebagai layanan hotline. Nomor hotline ini dapat dikelola secara bersama-sama oleh semua admin yang bertugas.
Hal ini tentunya sangat menguntungkan rumah sakit karena memudahkan pasien dalam berkomunikasi dengan pihak rumah sakit.
4. Dapat memberikan informasi tentang transaksi pengobatan atau update berita terbaru
Setiap transaksi pengobatan yang dilakukan dapat disampaikan secara langsung ke pasien melalui fitur WhatsApp Business API. Oleh karena itu, pasien dapat memantau prosesnya tanpa perlu kebingungan.
Bagi pasien yang sudah menjadi pelanggan tetap rumah sakit, nomornya akan tersimpan pada sistem secara otomatis sehingga rumah sakit dapat memberikan informasi terbaru tentangpelayanan kesehatan bagi pasien.
5. Memudahkan proses pembayaran
Dengan WhatsApp Business API, proses pembayaran dapat menjadi lebih efisien. Pasien dapat langsung melihat detail pembayaran melalui chat WhatsApp dan dapat menyelesaikan pembayaran melalui transfer ataupun e-wallet. Hal ini tentunya dapat mengurangi panjang antrean di rumah sakit.
Nah, untuk menghadirkan layanan WhatsApp Business API tersebut, SABBI bisa menjadi solusi terpercaya bagi Anda! Kami menawarkan berbagai manfaat WhatsApp Business API dengan harga terjangkau. Penawaran kami pun sangat fleksibel, dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis rumah sakit Anda. Segera hubungi kami dan dapatkan penawaran terbaik dari SABBI!