Electronic Medical Record: Arti dan Manfaatnya bagi Rumah Sakit ?

Electronic Medical Record: Arti dan Manfaatnya bagi Rumah Sakit ?

Di era digital ini, rumah sakit berlomba-lomba melakukan digitalisasi terhadap setiap bagian pelayanannya. Salah satunya adalah pencatatan rekam medis pasien yang dilakukan secara digital, atau yang disebut dengan electronic medical record (EMR).

Bagi rumah sakit, rekam medis pasien tersebut bukan hanya sekadar bagian administratif saja, melainkan juga menjadi bentuk pertanggungjawaban rumah sakit dalam upaya mengobati pasien.

Apa Itu Electronic Medical Record atau EMR?

Electronic medical record atau EMR adalah sistem pencatatan rekam medis pasien yang dilakukan secara digital. Pada umumnya, EMR memuat semua informasi kesehatan yang bisa ditemukan terkait seorang pasien. Misalnya, seperti riwayat kesehatan, diagnosis, obat-obatan, tanggal imunisasi, alergi, dan lain-lain.

Dengan EMR, pencatatan rekam medis sudah terintegrasi di dalam sistem rumah sakit dan dapat diakses dengan mudah oleh berbagai pihak yang berkepentingan. Dengan demikian, perawat dapat mencatat instruksi dokter dengan lebih terstruktur, jelas, dan rapi.

Manfaat Electronic Medical Record atau EMR

Electronic medical record tentu memberikan berbagai manfaat kepada perawat dan dokter rumah sakit. Tidak hanya membuat proses administrasi lebih cepat selesai, EMR juga menjadikan pelayanan perawat dan dokter lebih efisien.

Sebagai contoh, sistem ini memudahkan petugas kesehatan dalam menganalisis kondisi kesehatan pasien dan menentukan pasien mana yang membutuhkan pemeriksaan segera.

Untuk lebih jelasnya, kami mengulas berbagai manfaat EMR seperti di bawah ini.

Mempermudah administrasi

Dengan adanya EMR, proses pencatatan dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Alhasil, para tenaga medis bisa menghemat waktu mereka lebih banyak sehingga pelayanan ataupun penanganan dapat dilakukan dengan lebih cepat dan efisien.

Selain itu, EMR juga menguntungkan keuangan rumah sakit karena pengeluaran biaya untuk kertas rekam medis dapat ditekan akibat semua rekam medis tersebut sudah dicatat dalam sebuah sistem digital.

Mempermudah analisis data

Dokumen atau data-data pasien yang sudah tersimpan di sistem dapat diakses dengan mudah  sehingga tenaga medis tidak perlu lagi memilah-milah dokumen kertas untuk mencari data yang diinginkan. EMR juga mempermudah tenaga medis dalam membuat laporan ataupun infografis dari kumpulan rekam medis yang ada.

Meminimalisir human error

Sebenarnya, pencatatan rekam medis pasien secara konvensional mempunyai risiko kesalahan input ataupun penulisan data. Hal ini tentu sangat berbahaya terhadap proses pengobatan dan kesehatan pasien itu sendiri.

Adapun, kesalahan input tersebut diakibatkan oleh petugas medis yang kelelahan akibat harus mencatat begitu banyak rekam medis pasien secara manual dan berulang-ulang.

Dengan penggunaan EMR, kesalahan tersebut tentunya dapat teratasi karena proses pencatatan rekam medis pasien dengan bantuan komputer dilakukan secara lebih teliti dan tepat.

Pengarsipan data yang terjaga

Rekam medis merupakan dokumen pribadi milik pasien yang harus dijaga keamanannya agar tetap awet dan tidak disalahgunakan. Penggunaan EMR dapat menjamin penyimpanan menjadi lebih aman karena tidak perlu lagi khawatir dokumen terselip, hilang, ataupun dimakan rayap.

Sistem dapat terintegrasi

Data pasien yang begitu banyak tersebut tentu perlu diorganisir dengan baik agar proses penyimpanan dan pencarian dokumen menjadi lebih mudah. EMR membuat manajemen rumah sakit menjadi lebih mudah dalam melakukan integrasi data yang ada. Pengolahan data menjadi lebih praktis dan terhubung satu sama lain di setiap unit layanan.

Dibalik manfaat yang beragam dari penggunaan EMR, masih ada beberapa tantangan yang harus dihadapi rumah sakit dalam menerapkan sistem EMR. Salah satunya adalah kemampuan sumber daya manusia yang tidak merata.

Dalam mengaplikasikan teknologi EMR, tentunya dibutuhkan skill tertentu. Penerapan teknologi ini akan menjadi sulit jika masih banyak petugas rumah sakit yang gagap teknologi. Oleh karena itu, rumah sakit perlu mengadakan sosialisasi dan pelatihan bagi seluruh staf agar tidak mengalami kendala yang berarti di tengah jalan.

Nah, sebagai penyedia sistem informasi kesehatan digital, SABBI bertekad untuk memberikan pelayanan terbaik bagi rumah sakit Indonesia. Kami menawarkan berbagai produk digital yang dapat menunjang pelayanan rumah sakit dan akan membimbing Anda menggunakan produk-produk tersebut sampai bisa!

Jika di tengah jalan Anda menemui kendala, silakan hubungi kami kembali untuk menemukan jalan keluar terbaik. Tertarik untuk bekerja sama dengan kami? Silakan klik di sini untuk berdiskusi lebih lanjut.