Telekonsultasi dan Telemedicine, Apa Perbedaannya?

Telekonsultasi dan Telemedicine, Apa Perbedaannya?

Perkembangan teknologi saat ini membawa banyak perubahan hidup dalam masyarakat. Salah satunya adalah perkembangan teknologi di bidang kesehatan.

Apalagi, perkembangan teknologi tersebut tidak hanya merambah pada alat-alat kesehatan saja, tetapi juga pada pelayanan kesehatan itu sendiri. Misalnya seperti telemedicine dan telekonsultasi.

Sejak pandemi Covid-19, dua layanan tersebut banyak diminati oleh masyarakat. Masyarakat bisa mendapat informasi kesehatan dengan lebih mudah, tanpa perlu datang langsung ke rumah sakit.

Namun, sayangnya, masyarakat masih sering keliru membedakan telemedicine dengan telekonsultasi. Nah, artikel ini akan membahas secara lengkap apa saja perbedaan telemedicine dengan telekonsultasi. Yuk, simak artikel ini!

Apa itu telekonsultasi atau konsultasi kesehatan online?

Telekonsultasi, dapat disebut juga dengan konsultasi kesehatan online atau jarak jauh, merupakan interaksi antara dokter dan pasien yang bertujuan untuk memberikan saran diagnostik melalui saranan elektronik.

Serupa dengan pengertian tersebut, peraturan Kementerian Kesehatan tahun 20019 No. 20 menyebutkan bahwa telekonsultasi adalah bentuk pelayanan konsultasi kesehatan yang dilakukan dari jarak jauh. Telekonsultasi ini dapat dilaksanakan secara tertulis, suara, maupun dengan video.

Awalnya, telekonsultasi dikembangkan untuk menyediakan layanan kesehatan bagi masyarakat yang tinggal di tempat-tempat terpencil dengan sumber daya kesehatan terbatas.

Namun, saat ini, telekonsultasi juga dikembangkan untuk membantu pasien di daerah perkotaan yang tidak perlu ke unit gawat darurat (UGD) untuk mendapatkan pertimbangan atau diagnosis medis.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa telekonsultasi mirip seperti konsultasi kesehatan dengan dokter secara tatap muka. Meskipun dilakukan secara jarak jauh, setiap pasien tetap wajib memberikan riwayat rekam medis secara lengkap kepada dokter agar bisa mendapat diagnosis yang tepat dan akurat.

Mengenal pengertian telemedicine

Telemedicine merupakan teknologi kesehatan yang dapat memudahkan pasien menjangkau pelayanan kesehatan. Berbeda dengan telekomunikasi, layanan telemedicine lebih luas dan lengkap.

Layanan telemedicine ini mencakup pertukaran informasi diagnosis, pemberian obat, penelitian, evaluasi penyakit, hingga menyediakan pelatihan berkelanjutan untuk pihak penyedia layanan kesehatan.

Perbedaan telekonsultasi dan telemedicine

Berdasarkan penjelasan sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa perbedaan antara telekonsultasi dan telemedicine terletak pada cakupan layanan yang disediakan.

Telekonsultasi fokus pada layanan konsultasi kesehatan online dan pemberian diagnosis kepada pasien yang membutuhkan. Dengan telekonsultasi, pasien dapat berkonsultasi dengan dokter secara virtual dan lebih fleksibel dalam menentukan tempat dan waktu.

Sementara itu, telemedicine merupakan layanan kesehatan secara keseluruhan dan tidak hanya fokus pada layanan konsultasi online saja. Layanan ini mencakup tebus obat secara online, reservasi, dan sebagainya.

Dengan demikian, dapat dipahami bahwa telekonsultasi termasuk bagian dari telemedicine yang memiliki cakupan lebih sempit. Namun, meskipun dilakukan secara online, pasien tetap harus melakukan pendaftaran sebelum melakukan telekonsultasi.