PELAYANAN RUMAH SAKIT BERKUALITAS, PASIEN PUAS!

PELAYANAN RUMAH SAKIT BERKUALITAS, PASIEN PUAS!

Sebagai fasilitas umum yang memiliki peran penting dalam pelayanan kesehatan, rumah sakit dituntut untuk memberikan pelayan yang terbaik sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pasien.

Seiring berkembangnya zaman dan teknologi di tengah persaingan yang semakin ketat, rumah sakit juga dituntut untuk selalu menjaga dan mengembangkan kualitas pelayanan agar meningkatkan kepercayaan dan kepuasan dari pasien.

Pada dasarnya, kepuasan pasien merupakan hasil penilaian dari pasien terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan dengan membandingkan apa yang diharapkan sesuai dengan kenyataan pelayanan kesehatan yang diterima pasien di suatu rumah sakit.

Berdasarkan peraturan dari Kemenkes, standar minimal tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan rumah sakit adalah di atas 95%. Apabila terdapat pelayanan dengan tingkat kepuasan di bawah 95%, maka pelayanan tersebut dianggap di bawah standar atau tidak berkualitas.

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Tingat Kepuasan Pasien

Sebelumnya, Anda perlu mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan yang diberikan.

Cepat tanggap atau responsiveness

Merupakan kualitas kepekaan dan tanggapan yang diberikan rumah sakit kepada pasien. Hal ini meliputi kejelasan penyampaian informasi, penyimpanan data, efektivitas dalam pelayanan administrasi, dan ketersediaan dalam menanggapi permintaan konsumen.

Keandalan atau reliabitllity

Faktor ini mencakup kemampuan rumah sakit dalam memberikan pelayanan yang sesuai dengan cepat, tepat, dan memuaskan.

Jaminan atau assurance

Jaminan tenaga kesehatan terhadap pasien berupa kemampuan dalam memberikan perawatan dan perasaan aman bagi pasien saat menjalani proses pengobatan.

Empati atau empathy

Merupakan tingkat dan kualitas perhatian yang diberikan rumah sakit pada pasien.

Bukti fisik atau tangibles

Meliputi fasilitas-fasilitas umum yang diberikan rumah sakit dan dapat dirasakan langsung dari segi kelengkapan peralatan kesehatan, kondisi sarana umum, serta kerapian dan kebersihan lingkungan.

Berdasarkan penjelasan tentang faktor-faktor tersebut, maka apa saja yang bisa dilakukan rumah sakit untuk meningkatkan kualitas pelayanan mereka? Berikut adalah beberapa halyang perlu diperhatikan.

Cara Meningkatkan Kualitas Pelayanan Rumah Sakit

Memberikan pelayanan cepat dan tanggap

Secara umum, pasien pasti ingin dilayani dengan cepat dan efisien. Oleh karena itu, rumah sakit perlu menciptakan budaya dan sistem agar pelayanan rumah sakit lebih cepat misalnya dengan digitalisasi dan perampingan urusan administrasi.

Memiliki pelayanan customer service

Rumah sakit perlu mencari staff khusus yang bertanggung jawab sebagai customer service yang selalu siap sedia membantu pasien menyelesaikan masalah.

Menjaga kesabaran dan kesopanan

Sebagai penyedia jasa layanan kesehatan, tentunya kesabaran dan kesopanan pegawai menjadi poin utama dalam memberikan pelayanan.

Para pegawai rumah sakit harus selalu dibekali dan dituntut untuk selalu memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen bagaimanapun kondisi yang dihadapi.

Selalu meminta feedback dari pasien

Feedback dari pasien sangat penting bagi pengembangan rumah sakit, baik itu feedback positif maupun negatif. Feedback tersebut nantinya akan dijadikan evaluasi untuk perbaikan kedepannya.

Dengan begitu, rumah sakit dapat menyesuaikan pelayanan yang diberikan agar selalu sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pasien.

Terakhir, Anda dapat melakukan digitalisasi sistem pelayanan di rumah sakit untuk mempercepat dan merampingkan urusan administrasi. Untuk itu, SABBI hadir sebagai solusi digitalisasi yang bisa meningkatkan kualitas pelayanan rumah sakit Anda. Mulai dari menyediakan layanan WhatsApp Business API untuk menyediakan pelayanan pelanggan yang cepat dan efisien, laboratorium information system untuk memantau kinerja laboratorium, dan enterprise resource planning untuk mengelola proses internal rumah sakit. Kami dapat menyesuaikan layanan kami dengan kebutuhan rumah sakit Anda. Karena itu, segera hubungi kami untuk penawaran lebih lengkap!