Ingin Mendirikan Bisnis Apotek? Simak 7 Tips Sukses Ini!

Ingin Mendirikan Bisnis Apotek? Simak 7 Tips Sukses Ini!

Saat ini, banyak sekali masyarakat tertarik membangun bisnis karena tergiur dengan potensi untung besar yang bisa didapat. Ada banyak bidang yang bisa Anda tekuni dalam berbisnis. Mulai dari bisnis kuliner, kecantikan, pariwisata, kesehatan, dan masih banyak lagi.

Salah satu sektor bisnis yang sangat berkembang saat ini adalah kesehatan. Dalam bisnis kesehatan, Anda dapat membangun klinik, laboratorium, atau apotek.

Bisnis apotek dinilai memiliki prospek yang menjanjikan meskipun modal yang dibutuhkan cukup besar. Apotek menyediakan berbagai produk atau peralatan kesehatan yang bisa memenuhi kebutuhan masyarakat, seperti vitamin, obat, masker, susu, dan sebagainya. Selain itu, beberapa apotek juga melayani tes kesehatan yang bermanfaat, seperti cek tekanan darah, gula darah, kolesterol, dan tes kesehatan lainnya.

Kalau Anda tertarik membangun bisnis apotek, sebaiknya perhatikan beberapa hal ini terlebih dulu! Berikut adalah beberapa tips mendirikan apotek.

Menentukan Lokasi yang Strategis dan Perizinan Usaha

Pertama, Anda harus membangun apotek di lokasi yang strategis dan tidak boleh asal pilih. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti harga tanah/sewa bangunan, kemudahan akses menuju tempat tersebut, potensi kompetitor di sekitar lokasi, dan sebagainya. Sebaiknya pilih lokasi yang ramai pemukiman penduduk dan masih jarang keberadaan apotek untuk meminimalisir persaingan.

Setelah memilih lokasi yang strategis, Anda bisa mengurus proses perizinan. Perizinan penting karena selain memberikan legalitas apotek, hal ini juga dapat menjamin kepercayaan terhadap konsumen.

Merancang Startegi Bisnis

Sebelum memulai suatu usaha, menyusun strategi bisnis diperlukan agar bisnis dapat berjalan dengan lancar kedepannya. Analisis strategi bisnis dapat dilakukan dengan memperhitungkan pengeluaran, pemasukan, target bulanan sampai tahunan, strategi pemasaran, serta mitra yang akan menjalin kerja sama.

Persiapkan Modal

Setelah menentukan lokasi dan menentukan strategi bisnis, Anda bisa menentukan jumlah modal yang dibutuhkan dalam mendirikan apotek. Modal dapat diperoleh dari pinjaman, investor, ataupun dana pribadi.

Melengkapi Sarana dan Prasarana

Selain bangunan apotek, Anda perlu melengkapi sarana dan prasarana lainnya yang memadai. Sebagai contoh, buatlah ruang tunggu yang nyaman dan ramah bagi konsumen terutama anak kecil dan lansia. Sediakan juga alat pengukur tinggi badan dan berat badan yang akurat.

Fasilitas-fasilitas tersebut tentunya dapat menambah daya tarik dan meningkatkan kenyamanan konsumen.

Merekrut SDM terbaik

Dalam mendirikan bisnis apotek, Anda diwajibkan memiliki satu apoteker yang bertanggung jawab untuk apotek tersebut. Apabila pendiri apotek bukan seorang apoteker, maka perlu merekrut apoteker tersendiri.

Pilihlah juga karyawan yang memiliki product knowledge yang baik mengenai obat-obatan dan juga memiliki jiwa pelayanan yang baik mengingat bisnis apotek sifatnya berhubungan langsung dengan konsumen.

Menentukan Agen, Distributor, Supplier Obat yang Sesuai

Pilihlah agen, distributor, dan supplier obat yang sesuai dengan kebutuhan dan modal yang dimiliki. Perhatikan juga jarak pemasok dari lokasi apotek yang tidak terlalu jauh untuk menghemat ongkos pengiriman.

Pemasaran

Terakhir, Anda bisa menerapkan pemasaran yang optimal dan berkelanjutan. Aplikasikan strategi bisnis yang sudah dirancang, perbanyak kegiatan promosi ketika apotek baru dibuka agar diketahui banyak masayarakat. Lakukan pelayanan dengan optimal maka dengan begitu konsumen pun dapat merasa puas sehingga meningkatkan potensi untuk berkunjung kembali.

Nah, itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan dalam medirikan apotek. Sebuah usaha pasti mengalami pasang-surutnya, maka dari itu perlu diingat untuk melakukan evaluasi secara berkelanjutan agar bisnis tersebut dapat tetap berdiri dan berjalan dengan baik.