Antrean Panjang di Rumah Sakit: Dampak, Penyebab, dan Solusi

Antrean Panjang di Rumah Sakit: Dampak, Penyebab, dan Solusi

Anda tentunya pernah mengalami antrean panjang di rumah sakit. Hal ini sangat melelahkan bukan? Banyak waktu terbuang hanya karena antrean panjang. Nah, kira-kira, apa saja penyebab dari antrean panjang tersebut?

Oiya, sebelum membahas faktor-faktor penyebab dari antrean panjang rumah sakit, ada baiknya jika Anda mengetahui dampak-dampak yang timbul dari antrean panjang terlebih dulu.

Dampak Antrean Panjang Rumah Sakit

Antrean panjang yang terjadi di rumah sakit tentu menyebabkan beberapa dampak sebagai berikut.

Pasien menjadi tidak nyaman

Saat mengantre di rumah sakit, tidak jarang antrean tersebut bisa memakan waktu puluhan menit hingga hitungan jam. Lamanya menunggu membuat pasien menjadi tidak nyaman. Padahal pasien yang kurang sehat ingin dilayani lebih cepat agar bisa segera pulang untuk beristirahat di rumah.

Potensi penularan penyakit

Saat mengantre, pasien akan satu ruangan dan berdekatan dengan pasien lain dalam waktu yang cukup lama. Hal itu dapat meningkatkan potensi penularan penyakit antar pasien atau bahkan wali pasien yang sebelumnya tidak mempunyai keluhan.

Faktor-Faktor Penyebab Antrean Panjang di Rumah Sakit

Untuk mengatasi antrean panjang di rumah sakit, sebelumnya harus diketahui dulu faktor-faktor penyebabnya seperti berikut ini.

Proses administrasi tidak efisien

Faktor pertama yang menyebabkan antrean panjang di rumah sakit adalah kurangnya efisiensi dalam hal administrasi. Mulai dari antrian registrasi, pemeriksaan, hingga pembayaran. Banyaknya tahapan yang harus pasien tempuh tersebut dapat menimbulkan antrean panjang.

Jumlah pasien yang sangat banyak

Lonjakan pasien yang tak terduga juga dapat menjadi penyebab antrean panjang di rumah sakit. Biasanya, lonjakan pasien ini dapat terjadi saat musim pancaroba, di mana imun tubuh seseorang berkurang sehingga menyebabkan mereka mudah terserang penyakit.

Hal ini tentunya mengakibatkan peningkatan jumlah pasien yang berkunjung ke rumah sakit untuk mengecek kesehatannya. Jika hal ini tidak ditangani dengan baik, akan terjadi antrean yang panjang.

Apa Solusi untuk Mengatasi Antrean Panjang Di Rumah Sakit?

Solusi tepat untuk mengatasi antrean panjang di rumah sakit adalah digitalisasi pelayanan. Dengan menerapkan integrasi teknologi sistem informasi dengan layanan rumah sakit, konektivitas dan akses masyarakat dalam memperoleh layanan kesehatan menjadi semakin mudah.

Digitalisasi rumah sakit dapat merampingkan sistem administrasi yang selama ini menjadi penyebab utama antrean panjang di rumah sakit. Sebagai contoh, registrasi dan proses pembayaran dapat dilakukan secara online sehingga pasien tidak perlu datang ke rumah sakit untuk menyelesaikan proses administrasi tersebut.

Selain itu, teknologi sistem informasi juga memungkinkan pasien untuk melihat nomor antrean yang sedang berjalan secara real time. Oleh karena itu, pasien bisa datang ke rumah sakit ketika nomor antrean mereka sudah dekat. Alhasil, mereka tidak perlu lagi mengantre dan menunggu terlalu lama untuk mendapat pelayanan rumah sakit.

Digitalisasi rumah sakit tidak dapat terjadi secara instan. Perlu ada perencanaan dan persiapan yang matang agar integrasi teknologi ini dapat terselenggara dengan baik. Nah, SABBI menjadi salah satu pelopor integrasi sistem informasi dengan pelayanan rumah sakit.

Kami menyediakan berbagai layanan yang bisa disesuaikan dengan rumah sakit Anda. Sebagai contoh, kami menyediakan layanan WhatsApp API untuk layanan registrasi online dan pengiriman invoice atau billing. Layanan ini tentunya dapat mempermudah dan membuat proses administrasi rumah sakit Anda lebih efektif dan disukai pasien. Hubungi kami sekarang untuk informasi selengkapnya.