5 Cara Tingkatkan Kepuasan Pasien di Rumah Sakit

5 Cara Tingkatkan Kepuasan Pasien di Rumah Sakit
Photo by Patty Brito / Unsplash

Dalam meningkatkan kepuasan pasien, komponen penting yang harus diperhatikan adalah kualitas layanan pelanggan. Semakin baik kualitas layanan rumah sakit, semakin tinggi tingkat kepuasan pasien.

Pelayanan rumah sakit yang baik mencakup beberapa hal. Contohnya, seperti cara perawat berinteraksi dengan pasien dan anggota keluarga mereka, bagaimana dokter memberikan penjelasan diagnosis, dan seberapa cepat pemberian obat dari apotek rumah sakit.

Nah, dalam artikel ini, akan dijelaskan 5 hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Yuk, simak artikel ini selengkapnya!

Komunikasi efektif
Komunikasi yang efektif bisa membuat pasien merasa dihargai. Untuk mewujudkan komunikasi yang efektif, dokter atau perawat bisa melakukan kontak mata ketika menjelaskan diagnosis kondisi pasien.

Selain itu, dokter dan perawat harus bisa menjawab pertanyaan, keluhan pasien, dan menjelaskan penggunaan obat dengan jelas dan mudah dipahami pasien.

Sabar dalam menghadapi keluhan pasien
Banyak pasien, terutama orang tua, menjadi sangat khawatir dalam menghadapi keluhan dan diagnosis dokter. Akibatnya, mereka cenderung terus mengeluh dan bertanya terkait kondisi mereka.

Namun, dokter dan pasien harus tetap sabar dan profesional dalam menghadapi hal-hal tersebut. Semua keluhan dan pertanyaan mereka harus ditanggapi dengan serius agar pasien dapat merasa diperhatikan dan menjadi lebih tenang.

Rekrut tenaga kerja profesional
Cara lain yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kepuasan pasien adalah merekrut tenaga kerja profesional. Profesionalisme dalam bekerja sangat disukai oleh pasien. Mereka merasa diperhatikan dan percaya bahwa keluhan-keluhan mereka dapat ditangani dengan baik.

Untuk mendapatkan tenaga kerja profesional, rumah sakit dapat bekerja sama dengan tim HR untuk mengadakan berbagai pelatihan. Melalui pelatihan tersebut, rumah sakit dapat mengajarkan macam-macam keterampilan baru serta membentuk kepribadian yang ramah dan profesional.

Lakukan survey kepuasan pasien
Untuk memastikan kepuasan pasien, rumah sakit harus melakukan survey secara rutin. Sebagai contoh, rumah sakit dapat mengirimkan survey email setiap pasien rawat inap selesai berobat.

Hal ini bisa membuat pasien merasa pendapat mereka sangat penting dan diperhatikan oleh rumah sakit. Alhasil, kepuasan mereka dapat meningkat dan peluang mereka kembali berobat di rumah sakit yang sama menjadi semakin besar.

Digitalisasi sistem pelayanan
Sistem pelayanan yang sudah terdigitalisasi bisa membuat pelayanan rumah sakit menjadi semakin cepat dan minim kesalahan.

Sebagai contoh, dengan adanya pendaftaran konsultasi dokter secara online membuat pasien merasa terbantu karena tidak perlu datang ke rumah sakit. Selain itu, sistem penagihan secara otomatis bisa meminimalkan kesalahan pencatatan yang dilakukan pegawai administrasi rumah sakit.

Sebagai penyedia sistem informasi khusus untuk manajemen rumah sakit Indonesia, SABBI dapat membantu Anda menyediakan teknologi pelayanan rumah sakit yang sudah terdigitalisasi.

Dengan SABBI, Anda bisa membuat sistem jadwal temu dokter dan pasien, membuat sistem antrean yang efisien, merekam data medis pasien dengan efektif dan mempersonalisasi layanan bagi tiap pasien.

Ingin sistem pelayanan rumah sakit Anda jadi jauh lebih baik? Hubungi kami sekarang!