5 Cara Ampuh Meningkatkan Kualitas Pelayanan Bisnis Rumah Sakit Anda!

5 Cara Ampuh Meningkatkan Kualitas Pelayanan Bisnis Rumah Sakit Anda!

Saat ini, kesehatan menjadi salah satu kebutuhan primer masyarakat. Oleh karenanya, tak heran jika banyak orang memulai bisnis kesehatan: membangun rumah sakit, klinik, laboratorium, atau apotek. Bisnis kesehatan ini dinilai memiliki prospek yang menjanjikan dan keuntungan yang besar.

Namun, untuk menghasilkan bisnis yang sukses, ada banyak hal yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah kualitas pelayanan pasien.

Kualitas pelayanan yang bagus akan membuat setiap pasien merasa puas dan senang. Pasien yang demikian tentunya dapat memberikan beberapa manfaat positif untuk bisnis Anda. Sebagai contoh, mereka akan menjadi pasien yang loyal dan dapat merekomendasikan bisnis Anda. Alhasil, Anda bisa mendapatkan banyak pelanggan baru di masa depan.

Namun, perlu diingat bahwa menciptakan dan menjaga kepuasan pasien bukanlah hal yang mudah. Nah, melalui artikel ini, kami akan menjelaskan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan layanan pasien yang berkualitas. Yuk, simak selengkapnya

1. Berikan jaminan keamanan

Jaminan keamanan terhadap jasa bisnis kesehatan Anda dapat meningkatkan kepercayaan pasien. Anda juga bisa mencantumkan sertifikat kualifikasi jasa atau izin BPOM. Selain meningkatkan kepercayaan, kedua hal tersebut juga bisa meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap bisnis kesehatan Anda.

2. Berikan layanan cepat dan 24 jam

Setiap pasien pasti ingin pelayanan rumah sakit yang cepat dan tepat. Pelayanan yang sesuai dengan permintaan dan dilaksanakan dengan cepat akan membuat pasien merasa puas dan senang.

Nah, untuk menyediakan model pelayanan tersebut, Anda bisa menggunakan Whatsapp Business API. Sistem aplikasi ini memiliki fitur-fitur yang bisa memudahkan komunikasi antara customer service dengan pelanggan. Misalnya, fitur template pesan otomatis dan chatbot memungkinkan layanan pelanggan menjadi cepat dan bisa dilakukan selama 24/7.

3. Tingkatkan kualitas customer service

Sebuah rumah sakit, klinik, atau laboratorium membutuhkan petugas customer service yang kompeten. Seorang customer service harus mampu mendengarkan keluhan dan komplain pasien dengan baik, kemudian memberikan solusi untuk permasalahan tersebut.

Begitu banyaknya keluhan yang disampaikan pasien tentu dapat membuat customer service kewalahan. Oleh karena itu, penting bagi customer service untuk menjaga kesopanan dan kesabaran dalam berkomunikasi dengan pasien.

Jika customer service tidak menguasai kedua hal tersebut, pasien akan merasa tidak puas dengan pelayanan rumah sakit dan reputasi bisnis Anda berisiko hancur.

4. Minta feedback dari pasien

Anda bisa melakukan survey untuk menghimpun feedback pasien secara berkala. Hal ini bertujuan untuk memastikan kualitas produk/jasa dari bisnis Anda.

Jika menemukan beberapa pasien yang tidak puas dengan bisnis Anda, sebaiknya segera temukan jalan keluar dan lakukan perbaikan.

5. Tawarkan layanan khusus atau VIP

Cara terakhir untuk meningkatkan kualitas pelayanan rumah sakit adalah dengan menawarkan layanan khusus untuk pasien yang sudah beberapa kali transaksi di bisnis kesehatan Anda.

Misalnya, Anda dapat memberikan diskon, cashback, atau reward lainnya sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi terhadap loyalitas mereka. Jika hal ini dilakukan, pasien akan merasa lebih puas dan senang dengan bisnis kesehatan Anda.

Nah, untuk mewujudkan kualitas pelayanan bisnis kesehatan tersebut, Anda bisa memanfaatkan Sistem Informasi dari SABBI. Sistem informasi ini akan memudahkanmu mencari data pasien, mencari data rekam medis, mengecek inventaris farmasi, melakukan layanan pasien dengan lebih cepat, dan lain sebagainya.

Anda ingin memberikan pelayanan yang terbaik untuk pasien anda? Pelajari manfaat SABBI untuk bisnis Anda di sini.