SABBI LIS Solusi Terpercaya untuk Digitalisasi Faskes Anda!

SABBI LIS  Solusi Terpercaya untuk Digitalisasi Faskes Anda!
Photo by National Cancer Institute / Unsplash

Di era industri 4.0 ini, pemerintah berusaha menerapkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi terhadap seluruh sektor usaha. Mulai dari bidang pendidikan, pariwisata, budaya, bahkan kesehatan.

Terlebih sejak pandemi Covid-19, penerapan teknologi dalam sektor kesehatan semakin dibutuhkan dan sulit untuk dihindari. Hal ini dikarenakan adanya terjadinya pembatasan mobilitas yang menyebabkan pasien sakit ringan tidak dapat berobat ke rumah sakit.

Untuk menyiasati permasalahan tersebut, banyak rumah sakit dan penyedia fasilitas kesehatan lainnya menerapkan Laboratorium Information System (LIS) atau Sistem Informasi Laboratorium.

Laboratorium Information System (LIS) merupakan sistem yang terdapat pada fasilitas kesehatan yang dimanfaatkan untuk mengelola informasi hingga mendukung pelaksanaan tindakan tepat dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pemantauan kinerja laboratorium.

Dengan kata lain, LIS merupakan prosedur sistematik untuk mengumpulkan, menyimpan, mempertahankan, mengolah, mengambil, dan memvalidasi data yang dibutuhkan oleh laboratorium atau rumah sakit tentang kegiatan pelayanannya untuk pengambilan keputusan manajemen.

Nah, untuk mengetahui informasi tentang LIS selengkapnya, Anda bisa membaca artikel di bawah ini, ya!

Informasi yang diolah Laboratorium Information System Agar dapat bekerja secara optimal, LIS mengumpulkan beberapa informasi untuk disimpan dan diolah. Adapun, beberapa informasi tersebut dikumpulkan melalui tiga tahap, yaitu input, proses, dan output.

Input

Pada bagian ini, LIS menghimpun data-data pasien seperti nama, alamat,
jenis kelamin, tanggal lahir, umur, nomor rekam medis, nomor laboratorium, dan sebagainya.

Proses

Bagian ini mengumpulkan data-data pemeriksaan berupa jenis pemeriksaan, metode pemeriksaan, serta proses dan hasil pemeriksaan.

● Output

Data-data yang terkumpul pada proses ini meliputi informasi biaya
pemeriksaan, laporan hasil pemeriksaan, dan laporan obat yang terpakai.
Manfaat Laboratorium Information System terhadap Pelayanan Laboratorium atau Rumah Sakit.

Berbagai manfaat penerapan LIS meliputi beberapa hal di bawah ini.
Hasil pemeriksaan lebih cepat dan akurat
Salah satu kejadian fatal yang terjadi dalam industri kesehatan adalah
kesalahan pemeriksaan akibat human error. Kesalahan dalam pemberian
informasi dapat berakibat fatal terhadap pemeriksaan dan kesehatan pasien
tersebut.

Nah, LIS dapat mengantisipasi kesalahan akibat human error tersebut karena sistem ini dapat mengotomatiskan entri data, proses transkripsi data, dan proses tracking data-data pasien.

Selain itu, data-data tersebut dapat diidentifikasi dengan barcode yang dapat dipindai di seluruh aliran proses identifikasi. Hal ini tentunya dapat
mengurangi potensi kesalahan akibat human error.

● Meningkatkan performa laboratorium
LIS mampu melakukan migrasi sistem data base di rumah sakit secara satu arah atau dua arah. Kemampuan ini menjadi sangat bermanfaat untuk bagian operasional rumah sakit karena dapat mendukung tugas dan fungsi pelayanan menjadi lebih cepat dan efisien.
Terlebih dengan pertumbuhan pasien yang begitu pesat, otomatisasi data
semakin dibutuhkan agar pelayanan menjadi lebih optimal.

● Kepuasan pasien meningkat
Manfaat lainnya dari penerapan LIS adalah kepuasan pasien semakin
meningkat. Hal ini dikarenakan keamanan dan keselamatan pasien lebih
terjamin akibat berkurangnya human error.
Selain itu, pelayanan yang lebih cepat dan efisien juga dapat membuat pasien merasa senang karena tidak perlu mengantre lebih lama untuk mendapat perawatan.

Pasien yang puas tentunya akan berdampak positif bagi rumah sakit atau
laboratorium karena mereka berpotensi untuk menjadi pelanggan tetap
fasilitas kesehatan Anda.

Nah, melihat pentingnya penerapan sistem teknologi dan informasi dalam fasilitas kesehatan, SABBI menciptakan software LIS yang dapat menunjang kebutuhan rumah sakit atau laboratorium Anda.

Terdiri atas berbagai modul, seperti PCR dan antigen, front office, order entry, result entry, laporan lab, dan sebagainya yang dapat diintegrasikan dengan berbagai alat laboratorium. Dengan fasilitas ini, Anda dapat menyediakan pelayanan yang optimal, cepat, dan efisien untuk pasien.

Software SABBI LIS juga dapat disesuaikan dengan spesifikasi fasilitas yang Anda inginkan. Jadi, jangan ragu untuk bekerja sama dengan kami dan dapatkan berbagai manfaat sistem teknologi dan informasi untuk bisnis kesehatan Anda!