Mengapa Digitalisasi Pelayanan Rumah Sakit Sangat Penting?

Mengapa Digitalisasi Pelayanan Rumah Sakit Sangat Penting?
Photo by National Cancer Institute / Unsplash

Pandemi Covid-19 telah banyak mengubah berbagai aspek hidup masyarakat. Salah satunya adalah digitalisasi dalam pelayanan administrasi rumah sakit.

Sebenarnya, digitalisasi pelayanan rumah sakit sudah menjadi keharusan bagi manajemen rumah sakit. Bahkan Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) sudah mendorong adanya digitalisasi pelayanan rumah sakit sejak sebelum pandemi Covid-19.

Kombinasi antara teknologi canggih dan layanan kesehatan memungkinkan rumah sakit memberikan pelayanan yang mudah diakses dan dijangkau pasien. Selain itu, digitalisasi ini dipercaya dapat meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan hidup masyarakat.

Namun, sayangnya, belum semua orang yang bekerja di bidang kesehatan memahami pentingnya digitalisasi pelayanan rumah sakit ini. Oleh karena itu, artikel ini akan memberikan Anda informasi lengkap tentang pentingnya digitalisasi pelayanan rumah sakit. Yuk, simak artikel di bawah ini!

Manfaat Digitalisasi Pelayanan Rumah Sakit

Digitalisasi pelayanan administrasi rumah sakit tentu memberikan banyak manfaat, baik itu untuk pihak rumah sakit maupun pasien. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya.

  • Efisiensi Pelayanan

Digitalisasi bisa meningkatkan pelayanan rumah sakit menjadi lebih efisien dan optimal. Selain itu, digitalisasi juga bisa menghemat biaya operasional hingga 30%! Hal ini karena perawatan dan data-data pasien sudah tersimpan secara digital.

Misalnya, hasil pemeriksaan pasien akan tersimpan secara otomatis secara digital. Jika data-data tersebut dibutuhkan, hasil pemeriksaan dapat dilihat melalui papan layar yang tersedia di ruangan dokter. Perawat tidak perlu lagi mencatat pemeriksaan pasien secara manual di buku catatan.

Alhasil, tugas perawat menjadi lebih efisien dan jadi memiliki waktu lebih banyak untuk mengawasi pasien. Selain itu, beban biaya operasional untuk alat tulis kantor seperti bolpoin dan kertas juga akan berkurang.

  • Mengurangi Antrean yang Menumpuk

Salah satu bentuk transformasi digital rumah sakit adalah menyediakan layanan registrasi secara online. Registrasi ini dapat dilakukan melalui aplikasi rumah sakit, situs resmi rumah sakit, atau juga WhatsApp API

Adanya registrasi online ini sangat bermanfaat karena dapat mengatur kedatangan pasien dengan lebih baik sehingga bisa mengurangi antrean panjang rumah sakit.

  • Memudahkan Penyebaran Informasi

Digitalisasi pelayanan rumah sakit juga memungkinkan penyebaran informasi menjadi lebih cepat dan mudah.

Misalnya, rumah sakit dapat memberikan informasi hasil pemeriksaan pasien, penyuluhan terkait suatu penyakit, atau program layanan kesehatan hanya melalui WhatsApp saja.

Cara Melakukan Digitalisasi Pelayanan Rumah Sakit

Melihat manfaatnya yang begitu banyak, Anda bisa segera melakukan digitalisasi pelayanan rumah sakit. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk pertama kali adalah sebagai berikut.

  • Menyediakan antrean online yang dapat memudahkan pasien melakukan registrasi pada rumah sakit yang Anda kelola.
  • Menyediakan display informasi ketersediaan tempat tidur sehingga manajemen rumah sakit dapat melakukan monitoring pada bangsal rawat inap dengan lebih mudah.
  • Menyediakan display informasi jadwal operasi agar manajemen rumah sakit dapat memantau dan memastikan setiap ruang operasi digunakan dengan lebih efisien dan efektif. Selain itu, jadwal operasi ini juga dapat digunakan manajemen rumah sakit mengatur jadwal pemeriksaan dokter yang bertugas.
  • Kerja sama dengan SABBI

Untuk memudahkan proses digitalisasi rumah sakit, Anda dapat bekerja sama dengan pihak ketiga yang terpercaya.

Anda dapat mempercayakan implementasi dan digitalisasi pelayanan rumah sakit Anda kepada SABBI. Kami menyediakan berbagai solusi inovatif yang dapat mengoptimalkan manajemen setiap layanan rumah sakit, seperti SABBI-LIS, SABBI-ERP, dan SABBI-WhatsApp API.

SABBI-LIS (Laboratorium Information System) dirancang khusus untuk mengelola informasi terkait perencanaan, pelaksanaan, dan pemantauan kinerja laboratorium rumah sakit. Dengan SABBI-LIS, Anda dapat melakukan pemeriksaan pasien dengan lebih cepat dan optimal.

SABBI-ERP (Enterprise Resource Planning) dapat membantu mengelola proses bisnis rumah sakit Anda. Berbagai proses manajerial dan operasional dapat berjalan lebih efektif dan efisien. Misalnya, seluruh data transaksi pasien akan terekam secara otomatis sehingga memudahkan Anda menulis laporan keuangan dengan lengkap dan detail.

SABBI-WhatsApp API memungkinkan rumah sakit berkomunikasi dengan pasien secara otomatis dan lebih mudah. Dengan SABBI-WhatsApp API, pasien dapat melakukan registrasi online melalui WhatsApp, mengecek informasi jadwal dokter, bahkan melakukan konsultasi online.

Bersama SABBI, Anda dapat melakukan digitalisasi rumah sakit dengan lebih mudah, dari mana saja dan kapan saja! SABBI berkomitmen untuk menjadi solusi terbaik untuk permasalahan digitalisasi rumah sakit serta membantu tenaga kerja kesehatan bekerja lebih cepat, akurat, dan efisien.Jadi, hubungi kami sekarang dan dapatkan penawaran menarik hanya untuk Anda!