7 Tips Sukses Memulai Bisnis Klinik Kecantikan

7 Tips Sukses Memulai Bisnis Klinik Kecantikan

Saat ini, kesadaran masyarakat mengenai perawatan kesehatan kulit semakin meningkat. Banyak pria dan wanita rela mengeluarkan biaya yang tak sedikit dan menghabiskan waktu berjam-jam di klinik kecantikan demi mendapatkan penampilan sempurna—segar dan menawan setiap saat. Karena itu, tak heran jika klinik kecantikan semakin menjamur dan menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Meskipun membutuhkan modal yang besar, mulai dari ratusan hingga miliaran rupiah, bisnis klinik kecantikan memungkinkanmu untuk mendapatkan keuntungan yang besar pula. Nah, agar bisnis ini dapat berjalan dengan sukses, kamu perlu menerapkan strategi yang tepat.

Yuk, simak beberapa tips suksesnya!

  1. Tentukan Target Pasar

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum membuka bisnis klinik kecantikan adalah menganalisis dan menentukan siapa target pasarmu. Selain itu, kamu juga harus mengetahui permasalahan apa saja yang sering dialami mereka. Ini bisa membantumu menentukan layanan-layanan yang bisa kamu tawarkan melalui bisnis klinik kecantikanmu.

Di awal bisnis, kamu bisa menyasar konsumen menengah ke bawah. Ketika bisnismu sudah berkembang dan modalmu bertambah, kamu bisa menargetkan konsumen kelas atas yang biasanya “lebih profit”. Tapi, perlu diperhatikan juga kalau peralatan dan perawatan yang disediakan harus semakin lengkap dan bisa memuaskan pelanggan yang umumnya lebih perfeksionis dan pemilih.

  1. Pilih Lokasi yang Strategis

Agar bisnis klinik kecantikan berjalan lancar, sebaiknya pilih lokasi di tempat ramai dan dekat dengan target pasar. Usahakan agar bisnismu berada di lingkungan yang strategis, mudah diakses, dan mudah dijangkau oleh target pasarmu. Misalnya, jika kamu menargetkan mahasiswa sebagai konsumen, pilihlah tempat di sekitar universitas atau lingkungan tempat tinggal mahasiswa.

  1. Tentukan Macam-Macam Perawatan yang Diberikan

Tips yang ketiga adalah menentukan jenis-jenis perawatan dalam bisnis klinik kecantikan. Perawatan ini bisa disesuaikan dengan besar modal usaha yang kamu miliki. Jika modal terbatas, kamu bisa mendirikan klinik kecantikan sederhana dengan peralatan terbatas. Tapi, jika modal besar, kamu bisa perawatan yang lebih beragam dengan peralatan yang lebih lengkap.

Jangan lupa untuk sesuaikan perawatan ini dengan besarnya ruangan atau gedung bisnismu, ya. Jika ruangan terbatas, kamu mungkin hanya bisa menyediakan layanan facial dan body massage spa untuk 2-3 orang saja. Atau, jika tempat bisnismu cukup luas, kamu bisa menambah jenis layanan kecantikan lainnya, seperti spa dan sauna.

Oiya, sebelum menentukan harga produk dan perawatan klinikmu, sebaiknya lakukan riset pasar terlebih dulu, ya. Setelah itu, lakukan perhitungan detail mengenai biaya apa saja yang dikeluarkan untuk perawatan, mulai dari produk, listrik, hingga membayar tenaga kerja. Barulah selanjutnya tentukan harga produk dan perawatan yang sesuai.

  1. Sediakan Peralatan Berkualitas

Kamu juga perlu memastikan ketersediaan peralatan yang memadai dan mendukung bisnis kecantikanmu. Oiya, sesuaikan peralatan ini dengan perawatan yang ingin kamu berikan. Biasanya, peralatan minimal yang ada di dalam klinik kecantikan adalah tempat tidur, skin test, steamer facial, lampu facial, dan sebagainya.

  1. Dapatkan Izin Resmi

Perawatan kesehatan kulit umumnya menggunakan bahan-bahan kimia yang bisa berbahaya jika penggunaannya salah. Oleh karena itu, izin resmi sangat diperlukan untuk meningkatkan kepercayakan konsumen terhadap bisnismu.

  1. Berikan Pelayanan Terbaik

Pastikan untuk selalu memberikan yang terbaik bagi konsumenmu. Misalnya, dengan bersikap ramah, memastikan kenyamanan konsumen selama perawatan, selalu tanggap menghadapi keluh kesah konsumen, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa memberikan potongan harga untuk konsumen setia demi menjaga loyalitasnya, lho.

  1. Lakukan Promosi dan Pemasaran

Terakhir, jangan lupa untuk selalu mempromosikan dan memasarkan klinik kecantikanmu. Kamu bisa menyebarkan brosur, melakukan pemasaran melalui media sosial, mengadakan promosi check-up gratis, dan lain sebagainya. Semakin sering kamu memasarkan klinik kecantikanmu, banyak orang menjadi tahu keberadaan bisnismu dan akan tertarik untuk mencoba pelayananmu.Oiya, selain beberapa tips di atas, sebenarnya penting juga untuk menyediakan sistem informasi yang bisa membuat pelayanan bisnismu menjadi lebih efektif dan efisien, lho. SABBI menyediakan berbagai layanan yang bisa kamu manfaatkan dalam menjalankan bisnis klinik kecantikan. Mulai dari fitur booking via WhatsApp, layanan konsultasi online, mengirim hasil pemeriksaan, fitur untuk mengelola aset dan ketersediaan obat, dan lain sebagainya. Semakin efisien alur bisnismu, pelanggan jadi semakin puas dengan pelayanan klinik kecantikanmu. Hubungi kami untuk informasi selengkapnya.