Tingkatkan Pelayanan Faskes dengan Sabbi WhatsApp API

Tingkatkan Pelayanan Faskes dengan Sabbi WhatsApp API

Saat ini, transformasi digital pada layanan kesehatan di Indonesia menjadi sebuah keharusan. Terlebih masyarakat sekarang cenderung membutuhkan layanan yang praktis, cepat, dan akurat.
Layanan kesehatan yang sudah terintegrasi dengan sistem informasi digital dapat memberikan kenyamanan bagi pasien karena kemudahan proses pendaftaran, pencatatan medis, cek lab atau layanan treatment, dan lain sebagainya.
Salah satu bentuk digitalisasi dalam layanan kesehatan adalah penerapan WhatsApp Business API di rumah sakit. Sistem ini memiliki berbagai fitur yang dapat meningkatkan kualitas pelayanan rumah sakit.

Nah, artikel ini akan mengulas beragam manfaat WhatsApp Business API untuk pasien dan layanan rumah sakit. Yuk, simak selengkapnya!

Fitur-Fitur WhatsApp Business API
WhatsApp Business API menghadirkan berbagai fitur canggih yang sangat bermanfaat untuk rumah sakit seperti berikut ini. Schedule messages
Fitur ini memungkinkan rumah sakit untuk mengirimkan pesan kepada pasien tertentu pada waktu yang telah dijadwalkan.
Sebagai contoh, rumah sakit dapat menjadwalkan pengiriman pesan tentang informasi terupdate seputar layanan dan hasil pemeriksaan pada hari dan jam yang sudah ditentukan.

Schedule messages
Fitur ini memungkinkan rumah sakit untuk mengirimkan pesan kepada pasien tertentu pada waktu yang telah dijadwalkan.
Sebagai contoh, rumah sakit dapat menjadwalkan pengiriman pesan tentang informasi terupdate seputar layanan dan hasil pemeriksaan pada hari dan jam yang sudah ditentukan.

Broadcast messages
Dengan fitur ini, rumah sakit dapat mengirim informasi kepada banyak pasien sekaligus dalam waktu bersamaan kapan saja. Fitur ini bahkan memungkinkan pihak rumah sakit mengirim pesan kepada pasien yang nomornya belum tersimpan.

Multy user
Melalui fitur ini, satu nomor WhatsApp dapat digunakan oleh beberapa admin atau petugas customer service. Hal ini membuat pelayanan menjadi semakin cepat dan ringkas karena ada beberapa admin yang bisa bertugas di waktu yang sama.

Manajemen kontak
Begitu banyaknya pasien yang harus ditangani sering membuat customer service kewalahan dan bingung. Bahkan, customer service bisa saja salah mendata akibat manajemen kontak yang buruk.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, fitur manajemen kontak WhatsApp Business API dapat mengelola data-data pasien dengan lebih baik. Setiap kontak dapat diberi filter label dan kategori tertentu sehingga dapat mengurangi risiko kesalahan pencatatan data pasien.

E-form
Rumah sakit dapat mengirimkan e-form tertentu kepada pasien. Praktisnya, formular ini dapat di-convert ke berbagai format.

Chatbot
Chatbot adalah fitur yang menggunakan teknologi artificial intelligence (AI) yang bisa membalas pesan pasien secara otomatis selama 24/7.

Dengan fitur ini, pihak pelayanan rumah sakit dapat menjawab berbagai pertanyaan umum dari pasien dengan lebih cepat, hanya dalam hitungan detik saja.

Manfaat WhatsApp Business API untuk Rumah Sakit
Berbagai fitur yang disediakan WhatsApp Business API menawarkan banyak kemudahan dan manfaat bagi rumah sakit. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya.

Meningkatkan kepuasan pelanggan
Menghadapi pertanyaan ratusan pasien setiap harinya tentu akan sangat melelahkan. Kondisi ini mungkin saja akan menurunkan kualitas layanan yang juga berdampak pada tingkat kepuasan pelanggan.

Fitur chatbot dari WhatsApp Business API tentu dapat mencegah hal tersebut terjadi. Chatbot dapat membantu menjawab pertanyaan pasien dengan cepat, mencatat data dan kebutuhan pasien, serta membuat daftar antrian pasien. Selain itu, chatbot juga bisa digunakan untuk mengingatkan pasien terkait jadwal check-up pasca perawatan.

Terlebih karena chatbot mampu melayani banyak pasien dalam satu waktu sekaligus, permasalahan atau kebutuhan pasien bisa segera teratasi lebih cepat.

Mengurangi biaya operasional

Selain untuk memaksimalkan kepuasan pelanggan dan mempercepat kinerja customer service, penggunaan WhatsApp Business API ternyata juga dapat mengurangi biaya operasional rumah sakit hingga 30%.

Mengurangi kesalahan administrasi

Tahukah Anda kalau ada banyak pasien yang harus melakukan tes kesehatan ulang karena catatan data awalnya hilang?

Agar kesalahan administrasi seperti itu berkurang, rumah sakit bisa memanfaatkan fitur chatbot, manajemen kontak, dan e-form WhatsApp Business API sebagai solusinya.

Sistem chatbot dijalankan oleh artificial intelligence (AI) sehingga dapat melakukan sebagian besar proses administrasi secara otomatis. Selain itu, fitur manajemen kontak dan e-form dapat membantu petugas customer service mencatat data-data pasien dengan lebih mudah.

Dari penjelasan di atas, WhatsApp Business API dapat menjadi jembatan penghubung antara rumah sakit dan pasien yang membutuhkan pelayanan tertentu. Kualitas pelayanan juga menjadi lebih cepat dan lebih baik dengan WhatsApp Business API.

SABBI menawarkan integrasi WhatsApp Business API untuk bisnis rumah sakit Anda. Fitur-fitur yang kami sediakan bisa disesuaikan dengan kebutuhan perkembangan bisnis Anda.
Segera hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.