6 Cara Ampuh Meningkatkan Pendapatan Rumah Sakit

6 Cara Ampuh Meningkatkan Pendapatan Rumah Sakit

Dalam menjalankan suatu usaha, pengelolaan keuangan menjadi hal yang harus dipikirkan dengan matang agar perusahaan dapat terus bertahan. Pengelolaan keuangan tersebut termasuk menjaga alur pendapatan tetap menguntungkan bagi perusahaan.

Hal yang sama juga berlaku untuk rumah sakit yang merupakan usaha vital yang selalu dibutuhkan masyarakat. Alur pendapatan rumah sakit harus dipertahankan supaya tidak merugi.

Nah, jika Anda sedang kesulitan menjaga pendapatan bisnis rumah sakit tetap menguntungkan, kami sudah menyiapkan 6 solusi ampuh untuk meningkatkan pendapatan rumah sakit. Yuk, simak artikel ini selengkapnya!

1. Efesiensi Sumber Daya

Cara pertama untuk meningkatkan pendapatan rumah sakit adalah menjalankan manajemen rumah sakit seefisien mungkin. Artinya, pastikan jumlah staf atau pekerja rumah sakit sudah tepat, tidak berlebihan atau tidak kurang.

Hal ini penting diperhatikan karena biaya kepegawaian umumnya merupakan pengeluaran terbesar rumah sakit. Dengan efisiensi sumber daya, biaya tersebut dapat ditekan dan pendapatan dapat ditingkatkan tanpa mengganggu performa pelayanan rumah sakit.

2. Bermitra dengan bisnis lain

Memilih vendor supplier obat ataupun alat kesehatan yang tepat juga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan pendapatan rumah sakit. Dengan sistem kontrak yang menguntungkan kedua belah pihak, rumah sakit dapat memperoleh harga yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

3. Mengurangi pengujian yang tidak perlu

Rumah sakit perlu bekerja sama dengan para dokter untuk meminimalisir biaya operasional rumah sakit. Pengujian yang tidak perlu banyak memakan biaya operasional rumah sakit. Untuk itu, rumah sakit perlu membuat kesepakatan dengan para dokter untuk mengurangi pengujian yang tidak dibutuhkan.

4. Meningkatkan kualitas pelayanan

Sebagai penyedia fasilitas kesehatan, penting bagi rumah sakit untuk selalu menjaga pelayanan yang diberikan. Pelayanan tersebut terdiri dari berbagai aspek. Mulai dari saat pasien datang, berkonsultasi, berobat, hingga meninggalkan rumah sakit, pelayanan yang diberikan harus maksimal.

Apabila pasien merasa puas dengan pelayanan yang diberikan, itu akan menjadi dampak positif bagi rumah sakit karena peluang untuk mendapatkan konsumen tetap meningkat.

5. Menambah dokter spesialis

Cara lainnya untuk meningkatkan volume kunjungan pasien dan pendapatan rumah sakit adalah dengan menambah dokter spesialis yang dibutuhkan oleh pasien. Semakin banyak dokter spesialis yang melakukan praktek di rumah sakit, akan menarik semakin banyak pasien untuk berobat ke rumah sakit tersebut.

6. Beralih ke telemedis

Di masa yang serba digital ini, telemedis sangat berguna dan dibutuhkan masyarakat untuk mengurangi mobilitas datang ke rumah sakit. Terlebih setelah pandemi COVID-19 masih ada masyarakat yang merasa takut untuk mengunjungi rumah sakit dengan intensitasyang sering.

Menghadirkan telemedis sebagai sarana pelayanan dapat meningkatkan antusiasme masyarakat menggunakan jasa rumah sakit Anda karena menjawab kebutuhan mereka. Semakin banyak penggunanya, makin banyak juga pendapatan yang didapat.

Nah, untuk menghadirkan telemedis yang berkualitas, Anda bisa mempercayakan hal tersebut kepada SABBI. Kami siap membantu Anda meningkatkan pelayanan dan kepuasan pasien rumah sakit Anda dengan berbagai teknologi termutakhir. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut.

Itu tadi adalah beberapa cara ampuh yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pendapatan dari rumah sakit. Pihak manajemen rumah sakit harus tahu setiap detail perusahaan dan harus mampu mengelola, meningkatkan, dan membenahi setiap sektor yang dapat menghasilkan keuntungan terbesar maupun terkecil. Dengan begitu pendapatan rumah sakit akan tetap terjaga dan dapat terus meningkat dengan pasti.